Google+ Followers

Sunday, 2 June 2013

5 jam termahal


1. Patek Philippe Reference 1527 – Harga: $5,600,000

Patek Philippe Reference 1527 dihargai $5,6 juta dalam kondisi secondhand.
Sumber: watchworld.com
Jam termahal dari merek Patek Philippe ini bukan barang baru, pemilik terakhirnya membayar 5,6 juta dollar untuk kondisi bekas. Bukan tanpa alasan, jam yang dimenangkan dari lelang ini hanya dibuat sebanyak satu unit! Lebih specialnya lagi pemilik pertamanya adalah salah seorang dari keluarga Stern, pemilik dari Patek Philippe.
Menurut beberapa sumber, jam ini hanya ada satu buah karena merupakan prototype. Makin menarik karena jam ini dibuat di Swiss pada era perang dunia II tahun 1943. Desain yang digunakan cukup unorthodox pada saat itu, karena ukuran besar dan kompleksitas desain bukan menjadi hal yang menarik saat itu. Mungkin bisa dibilang ini adalah cikal bakal desain jam-jam modern.
Selain nilai histori yang sangat kental, jam ini juga terbuat dari emas 18 karat, perpetual calendar, dan jarum dengan pergerakan bulan. Tetapi kalau ditilik dari mesin yang digunakan, jam ini ternyata cukup simpel jika dibandingkan dengan Patek Philippe lainnya. Lain lagi dengan harganya yang diprediksi akan terus meningkat seiiring berjalannya waktu.

2. Louis Moinet Meteoris – Harga: $4,000,000

Material yang digunakan berasal dari batu luar angkasa.
Sumber: louismoinet.com
Mungkin ini adalah jam dengan material termahal diseluruh dunia: batu luar angkasa. Material yang tidak akan kita temui di permukaan bumi ini datang dalam peristiwa khusus dan memiliki makna sendiri bagi kehidupan manusia planet ini.
Batu-batu luar angkasa yang dimaksud berasal dari planet Mars, Merkurius, bulan, dan Asteroid. Penamaan produk asal Swiss ini juga berdasarkan batu luar angkasa yang dijadikan material pembuatnya.  Seperti Tourbillon Rosetta Stone(serpihan planet Merkurius), Tourbillon Moon (serpihan bulan), atau Tourbillon Mars (serpihan planet Mars).
Sedangkan untuk Tourbillon itu sendiri adalah nama mekanisme anti gravitasi yang tertanam di jam tersebut. Mekanisme yang meningkatkan akurasi itu sendiri merupakan teknologi yang cukup mahal dan hanya tertanam di jam dengan desain khusus.

3. Franck Muller Aeternitas Mega 4 – Harga: $2,700,000

Jam tangan paling rumit dalam pembuatannya.
Sumber: franckmuller.com
Jam ini dinobatkan sebagai jam tangan paling kompleks yang pernah dibuat. Dengan 36 complications, 1483 komponen, dan 99 perhiasan disekujur tubuhnya. Bisa dibilang jam ini adalah masterpiece dan memiliki tingkat error paling minimalis dibandingkan dengan sistem Tourbillon biasa.
Dari awal proyek Aeternitas Mega memang didesain untuk melahirkan jam paling kompleks. Selain adanya sistem Tourbillon, pergerakan Cintree Curve shape, dan spiral Breguet , jam top of the line dari Franck Muller ini juga dapat mengeluarkan tone khas dari katedral Westminster,UK. 
Perpetual secular calendar yang di kembangkan oleh para pengrajin di Franck Muller juga ditanamkan di jam ini. Sistem tersebut membuat pengaturan tanggal akurat dan hanya butuh penyesuaian manual setiap 100 tahun, hebatnya lagi penanggalan yang tertanam akan tetap presisi hingga 1000 tahun! Kemewahan abadi.

4. Blancpain Tourbillon Diamants – Harga: $1,800,000

Pada bagian muka jam ditanamkan baguette-cut diamonds.
Sumber: lacotedesmontres.com
Sejak tahun 1735, Blancpain telah menjual dan memproduksi perhiasan dan jam tangan mewah. Merek ini mulai terkenal sejak Blancpain seri 1735 di-cap sebagai jam dengan kompleksitas tinggi dengan casing ultra-slim. Belum lagi saat Navy Seal USA memilih jam ini sebagai standart-issue, tentu menghasilkan image tersendiri daripada sekedar jam mahal.
Untuk menguatkan konsep prestisius tersebut, Blancpain pun membuat jam tangan dengan taburan permata baguette-cut: Blancpain Tourbillon Diamants. Dengan total 480 berlian 58 karat jam ini menggunakan mesin Calibre 25A 'self-winding', sistem Tourbillon, 7-days power reserve, dan tahan air hingga kedalaman 100 meter.
Pada awalnya Blancpain Tourbillon Diamants dijual dengan harga $1,3 juta, karena hanya menanamkan berlian di mesin utama saja (casing, bezel, crown, dan dial) tapi masih menggunakan strap dari kulit buaya. Pada edisi full Diamants ini, Blancpain menanamkan seluruh bagian jam dengan baguette-cut diamonds dan menghasilkan peningkatan estetika dan harga yang cukup fantastis! 
Untuk mendapatkannya anda juga perlu mengeluarkan tenaga ekstra. Karena jam ini hanya made-by-order dengan menghubungi pabrik mereka di Paudex, Swiss.

5. Richard Mille RM 56 Felipe Massa Sapphire – Harga: $1,700,000

Jam tangan ini hanya diproduksi sebanyak 5 unit di dunia .
Sumber: luxurylaunches.com
Empat jam diatas mungkin memiliki sisi historikal yang melegenda dan sistem khusus yang membuat mereka spesial. Tetapi Richard Mille RM 56 edisi Felipe Massa ini menggunakan bahan body casing yang tidak lazim; white sapphire.
Seperti kita semua tahu, merek yang terbilang baru ini cukup terkenal dengan craftmanship kelas wahid. Proses pembuatan body casing yang menggunakan bongkahan batu safir putih merupakan salah satu contohnya. Dibutuhkan 1800 jam diatas alat pemotong batu mulia untuk dapat membuat satu body casing-nya.
Setelah body casing jadi, mesin yang diisi sistem penggerak kompleks dan dilengkapi teknologi Tourbillon itu dimasukkan, sekali lagi itu bukan sesuatu yang lazim karena batu safir tersebut memerlukan perlakuan khusus. Tidak hanya itu, untuk membuatnya makin spesial Richard Mille hanya memproduksi jam ini sebanyak lima unit.
Itulah kisah dibalik lima jam termahal dari setiap merek ternama. Apakah nilai historikal, craftmanship, jenis bahan, dan prestise merek yang telah ditanamkan sesuai dengan banderol harganya? Tentu penilaian tersebut kembali ke anda.